Sunday, January 15, 2012

[TUT]Rigging Peds ke San Andreas™

/>Thread #73 - January 15, 2012:


All credits goes to Diego4Fun for the pics & original tutorials. I'm just translating the language so that the Indonesian people can do it on their own!

Semua credit di tujukan kepada Diego4Fun utk gambar & tutorial originalnya. Aku cuman men-translate bahasanya supaya teman2 sekalian bisa me-rig ped sendiri!
Tutorial untuk rig peds ke San Andreas™:
1. Mulai 3ds Max dan klik Import
2. Pilih "All Files"
3. Pilih model yang ingin di convert dan klik Open (punyaku .3ds)
4. Model sudah terimport!
5. Tekan M pada keyboard
6. Pilih texture dari model yang telah di import
7. Drag n Drop file texture ke kotak pertama
8. Ulangi sampai semua texture sudah ada di dalam kotak
9. Klik + (di sebelah kiri dari tab Editable Mesh) dan pilih Element
10. Scroll kebawah sampe ketemu tab Material!
11. Tekan tab kosong dan pilih option pertama
12. Sekarang klik kotak material dan pilih assign...
13. Ulangi sampai seluruh model mempunyai texture
14. Klik Element lagi, untuk meninggalkan Tab ini
15. Klik Utility Tab, scroll ke atas dan klik tulisan A. Pilih Import DFF
16. Di Windows baru, pilih DFF file dari ped original (lapd1.dff, etc) dan klik Open
17. Sekarang ada 2 model, yang dari convert (bertexture) dan asli dari San Andreas™ dengan bones
18. Move, scale dan rotate converted model supaya sesuai dengan model peds dari San Andreas™
 19. Sekarang, posisinya sama, tapi lengannya tidak

20. JADI pilih bone yang ada di lengan model
San Andreas™
 21. Dan putar sampai posisi bonenya sesuai dengan converted model

22. Sekarang, modelnya sudah "sempurna"

23. Pilih model ped San Andreas™ dan klik Utilites Tab, DFF IO, pilih Skip Col dan pilih Bone/Skin Export
24. Tulis apa aja yang anda inginkan utk nama .dff, saya tulis test.dff
25. Sekarang, delete mesh ped original San Andreas™
26. Pilih bone-nya dan hapus semua
27. Sekarang, kamu cuman liat converted model saja, buka tab Utility lagi, DFF IO dan Import DFF
28. Import file yang kamu simpan sebelumnya (test.dff)
29. Sekarang kamu melihat model yang ingin di convert dan model original San Andreas™ tapi kali ini, posisinya sama!
30. Pilih model original San Andreas™ dan klik + (di sebelah kiri dari tab Editable Mesh)
31. Klik mode Vertex dan kamu akan mendapatkan sebuah Warning seperti ini, pilih yes
32. Sekarang anda melihat banyak titik-titik biru
33. Teken CTRL+A untuk men-select titik-titik biru tersebut dan titik-titik tersebut jadi warna merah
34. Scroll kebawah sampai kamu keliatan tulisan "Attach" dan klik itu
35. Klik model yang mau diconvert dan Windows ini akan keluar, pilih Option pertama dan klik OK
36. Sekarang ada banyak titik, merah & biru
37. Tekan tombol Delete di keyboard kamu dan titik-titik merah sekarang menghilang!
38. Klik Vertex lagi untuk meninggalkan pilihan Vertex
Sekarang kamu sudah berhasil me-rig peds, namun mungkin ada bug di modelnya. Let's check it out, gan!
39. Pilih Arm's Bone (bone yang ada di lengan)
40. Sekarang putar itu, dan kamu akan melihat bug di badan model ini
41. Klik modelnya, klik + (di sebelah kanan dari SKIN) lalu klik Envelope dan pilih Verticles
42. Di tutorial ini, bug-nya ada di dada (chest) jadi saya memilih Spine 1. Agan milih bagian yang ada bugnya!
43. Scroll kebawah sampe ketemu "Weight Properties"
44. Pilih titik dimana kamu liat ada bug
45. Setelah itu, pilih Rigid dan tulis 1.0 di Abs Effect
46. Lakukan ini juga di bagian lain dari model. Pilih titik kuning yang ada bugnya
47. Dan ulangi lagi (Pilih Rigid dan tulis Type 1.0 di Abs Effect)
48. Didalam kotak, pilih Skin lagi dan model-nya sudah de-select
49. Sekarang klik di bone-nya lagi (titik kuning) dan Rotate untuk melihat hasilnya
Agan sudah mem-fix bugnya!
50. JADI klik Utilites Tab lagi, klik DFF IO dan pilih Skip COL dan klik Bone/Skin Export
51. Sekarang, copy satu .txd file kedalam satu folder dengan converted model dan import textures dari converted model. Jangan lupa beri nama sesuai dengan nama asli file texturenya!

Congrats, bro! Agan berhasil me-rig ped ke San Andreas™
Mudah-mudahan berhasil bro! Kalo ada problem ato ada yang ga ngerti (maklum, English ku Australian, jadi mungkin ada yang ga ngerti) silahkan chat di C-Box ato PM aku melalui Facebook & Twitter.

Once again, thanks to Diego4Fun for allowing me to use his photos & tutorial and translate it to Indonesian!
Sekali lagi saya ucapkan terima kasih ke Diego4Fun karena sudah memperbolehkan saya menggunakan gambar & tutorial yang ada di blognya dia dan di terjemahkan ke bahasa Indonesia!

>/End of Thread\<

3 comments:

  1. kaya tutor nya diego ... klo misalnya textur rambut nya jadi ga transparan gimana gan? padahal harusnya transparant..ane ngonvert skin tina DOA ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang dari dia gan :v gw udh minta permission kok. hmm itu emang agak ribet soalnya transparant itu ribet ngaturnya, coba aja lo kasi texture alpha sebagai basis

      Delete

Comment on what you think about my post! I accept your feedback and please respect other people who commented, too.